Sabtu, 04 April 2015

Seleksi CPNS

Hari ini libur, cuaca yang panas siang ini membuat enggan untuk beranjak keluar dari rumah. Setelah sekian lama vakum dari dunia persilatan jari (baca : mengetik ) akhirnya hari ini rindu juga nulis di blog saya yang tetap eksis walaupun minim pos hikz...hikz...hikz...

Kesibukan pekerjaan yang tak terhindarkan, perjuangan menyelesaikan skripsi, persiapan menghadapi sidang kelulusan dan wisuda :) membuat sedikit waktu yang tersedia untuk bersantai, blog pun terbengkalai :(. Tapi akhirnya semua terbayarkan, ketika skripsi selesai, sidang terlewati, wisuda happy dan status Abdi Negara menjadi idenditas diri. 

Ya...tepatnya sekitar September 2014 salah satu instansi pusat memberi kesempatan bagi putera-puteri terbaik indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari instansi tersebut. Tanpa berfikir panjang x lebar langsung saja aq siapin persyaratan yang diminta, kebetulan waktu itu semua sistem rekrutmen sudah berbasis sistem online. Setiap peserta mendaftarkan diri menggunaka NIK dan hanya bisa menggunakan satu account (NIK) untuk satu instansi. 

Seleksi CPNS pada saat ini terdiri dari 3 tahap penting, seleksi administrasi, tes kemampuan dasar, dan tes kemampuan bidang. Setiap tahapan seleksi dibatasi jumlah peserta yang dapat mengikuti. Artinya jika pada tahapan seleksi terdapat jumlah peserta melebihi batas yang ditentukan maka akan di rangking berdasarkan nilai tertinggi. Untuk seleksi administrasi kuotanya maksimal 20 x jumlah formasi tersedia yaitu 20 x 150 = 3000 peserta lolos seleksi adminisrtasi. Ini artinya setiap peserta harus bersaing dengan 19 orang lainnya untuk memperebutkan 1 formasi tersedia.

Nah 3000 peserta tersisa akan dipangkas sesuai trend rambut masa kini :). Pangkas dalam artian diseleksi kemudian dengan sistem rekrutmen yang diklaim ampuh membasmi kongkalikong (Baca : KKN) dalam hal rekrutmen CPNS. Sistem ini menggunakan sistem rekrutmen dengan menggunakan CAT dimana seleksi menggunakan perangkat komputer dengan aplikasi yang berisi ribuan soal yang akan di acak sehingga tiap komputer diklaim akan berbeda-beda soal yang diujikan. Hal ini bertujuan agar tiap peserta tidak dapat curang (Baca : Mencontek Sebelah) ketika mengikuti ujian.

Tes Kemampuan Dasar, ini adalah tes yang terdiri dari 3 materi uji yaitu Wawasan Kebangsaan, Karakteristik Pribadi dan Intelegensi Umum. Masing-masing memiliki pasing grade yang harus tercapai agar dapat lulus pada tahap ini yaitu 70, 126, 75. Hebatnya sistem CAT ini scorenya LIVE ditampilkan pada monitor yang terpampang di luar ruang ujian. Ketika selesai mengerjakan soal ujian maka pada seketika itu juga nilai terpampang sehingga peserta langsung mengetahui peringkat yang mereka raih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar