Senin, 13 Januari 2014

PENGALAMAN TES PENERIMAAN KARYAWAN

Lelah, Penat, Galau....
Itulah yang saya rasakan saat ini setelah selesai menjalani tahapan seleksi masuk ke sebuah perusahaan di Pontianak, Kalimantan Barat. Tanpa bermaksud mengiklankan perusahaan ini, hanya sekedar berbagi informasi mengenai apa yang saya hadapi dalam tes hari ini. 

Beberapa hari yang lalu saya mengirim lamaran via email ke PT. Alam Abadi Perkasa. Perusahaan ini bergerak pada bidang industri kertas dengan pabrik yang berada di Pekanbaru, Riau. Untuk daerah Kalimantan perusahaan hanya mempersiapkan bahan baku pembuatan kertas (Kayu) yang nantinya akan dikirim ke pabrik di Pekanbaru, Riau. Untuk saat ini informasi yang saya dapat dari pewawancaranya perusahaan belum memiliki alamat website resmi.

Tepat pukul 08.50 Wib saya tiba di Kantor Perwakilan PT. Alam Abadi Perkasa di Komplek Ruko Megamall no C.5, tepatnya samping kantor Best Prof*t. Petugas keamanan kantor sudah berdiri menunggu para kandidat yang diundang untuk tes hari ini. Saya pun dipersilahkan masuk ke sebuah ruangan yang sepertinya digunakan untuk rapat. Saya sepertinya sudah telat karena sudah ada 10 orang di ruangan 1. Tes hari ini diadakan di 2 ruangan yang masing-masing berisi 11 orang. Artinya hari ini ada 22 orang yang mengikuti tes.

Kemudian salah seorang staf HRD mempersilahkan saya duduk dan memberikan selembar kertas untuk mengisi biodata yang nantinya akan menjadi bahan wawancara. Biodata yang diminta sederhana saja, nama peserta, ayah kandung, ibu kandung, saudara kandung, latarbelakang pendidikan, gaji yang diharapkan. Setelah selesai tepat pukul 09.30 Psikotest dimulai.

Untuk psikotest pertama peserta diminta untuk mencari susunan gambar selanjutnya dari urutan gambar. Tes ini dapat dipelajari melalui buku psikologi yang beredar luas di toko-toko buku terdekat. Seingat saya, ada 36 soal dan seluruhnya saya selesaikan. Waktu yang diberikan sekitar 30 menit untuk 36 soal tersebut.

Setelah itu kami diberikan waktu 3 menit istirahat, yang kemudian langsung menuju ke psikotest kedua. Menurut saya tingkatannya lebih sulit dari tes pertama diawal, karena peserta diminta untuk mencocokan gambar dengan pasangannya yang benar. Contoh gambar bebek berpasangan dengan gambar paku, maka pada lembar soal hanya ada gambar bebek dan peserta harus menggambar paku pada lembar jawaban sehingga jawaban tersebut benar. ada sekitar 20 gambar berbeda yang harus peserta teliti pasangannya. Pada tahap ini penilaian yang ada menurut saya sama seperti tes hitungan koran atau kreaplin.

Akhirnya ini dia tahapan psikotest yang paling rumit untuk dipelajari (Bagi Saya). Psikotes teakhir adalah menggambar "pohon, rumah, manusia". Jangan berfikir peserta akan diminta menggambar satu persatu secara terpisah ketiga gambar tersebut, karena ketiganya harus merupakan satu kesatuan yang memiliki satu makna. Hal yang menambah beban adalah ketika harus menggambar dan "Tidak" boleh dihapus. Dengan rasa percaya diri akhirnya terselesaikan juga gambar saya.

Tepat Pukul 11.00 wib seluruh peserta selesai mengerjakan psikotest dan kami diperbolehkan istirahat terlebih dahulu sambil menunggu pengumuman psikotest yang akan diberitahukan melalui pesan singkat. Tiba-tiba telepon genggam saya berdering tanda pesan masuk, setelah saya baca ternyata isinya :
"Selamat.!
Anda kami nyatakan lulus tes psikologi.
Silahkan datang pukul 13.30 untuk interview.

Langsung saja saya menuju kantor perusahaan PT. Alam Abadi Perkasa untuk mengikuti proses wawancara. Pewawancaranya hanya seorang Bapak usia sekitar 40 Tahunan, "Haiyaaaa..." mungkin kata itu bisa mewakili etnis Bapak itu (Tanpa bermaksud rasis). Karena dasarnya saya Sarjana Ekonomi selama wawancara 45 menit saya dijejali dengan pertanyaan seputar akuntansi seperti jurnal, neraca, accrual basic, cash basic, invoice, kwitansi, faktur pajak, materai, kontrak, bahasa inggris, purchasing, warehousing, pusing, pusing dan pusing. Belum lagi perdebatan kami mengenai lokasi penempatan, dimana saya menolak untuk ditempatkan di Lokasi sementara perusahaan ingin menempatkan di Lokasi. 

Akhirnya semua tahapan seleksi selesai dan saya diizinkan meninggalkan lokasi tes. sekian pengalaman saya, mungkin bisa menjadi pencerahan bagi para pencari kerja yang akan menghadapi proses seleksi di PT. Alam Abadi Perkasa.

Dapatkan Informasi Lowongan kerja BUMN Disini
Dapatkan Informasi Lowongan Kerja Pontianak Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar